Cegah Pencemaran Lingkungan, DLH Pemkab Blitar akan Sidak Pabrik, Salah satunya Peternakan Babi

Tim DLH Pemkab Blitar saat sidak ke salah satu pabrik rokok akhir tahun 2018 kemarin.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Tim DLH Pemkab Blitar saat sidak ke salah satu pabrik rokok akhir tahun 2018 kemarin.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

BOJONEGOROTIMES, BLITAR – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Blitar tahun ini kembali berencana melaksanakan sidak ke sejumlah pabrik. 

Berbeda dengan tahun lalu, sidak yang didanai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun ini tak hanya menyasar pabrik rokok, namun juga pabrik di luar industry rokok.

“Sidak dalam rangka monitoring dan evaluasi tahun ini dikembangkan. Selain pabrik rokok sidak juga menyasar perusahaan di luar rokok,” ungkap Kasi Pengelolaan dan Pemrosesan Sampah DLH Pemkab Blitar, Eko Harnanto, Minggu (19/5/2019).

Menurut Eko, sasaran sidak yang bersumber dari DBHCHT tidak hanya pabrik rokok.

Karena berdasarkan peraturan Menteri Keuangan yang dinamakan industry bukan hanya industry rokok saja, tapi industry di luar rokok. 

Dalam pelaksanaanya nanti DLH akan sidak menggunakan metode sampling.

“Data perusahaan di DLH itu sangat banyak. Untuk pelaksanaan sidak nanti kami akan datangi perusahaan-perusahaan yang kita duga melakukan pencemaran limbah. Sidak nanti akan menggunakan metode sampling,” terangnya.

Eko menambahkan, perusahaan atau pabrik yang akan disidak salah satunya adalah perusahaan yang berada di sekitar aliran sungai. 

Dalam hal ini pihaknya ingin memastikan pabrik di sekitaran sungai tidak melakukan pencemaran lingungan dengan membuang limbah ke sungai.

Jenis usaha yang berada di sekitaan sungai lanjut Eko, untuk di Kabupaten Blitar didominasi peternakan seperti peternakan babi. 

Mayoritas peternakan ini berada di wilayah Kecamatan  Kademangan.

“Sidak ini sifatnya adalah pembinaan. Perusahaan-perusahaan ini kita bina agar limbah yang dihasilkan tidak langsung dibuang ke sungai, tapi diolah dulu agar tidak mencemari lingkungan,” pungkasnya.(kmf)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]bojonegorotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]bojonegorotimes.com | marketing[at]bojonegorotimes.com
Top