Lonjakan Wisatawan Diprediksi Naik, Pemkab Malang Cek Kesiapan Lokasi Wisata

Sunset pantai Balekambang (ilovemalang.net)
Sunset pantai Balekambang (ilovemalang.net)

BOJONEGOROTIMES, MALANG – Arus mudik lebaran mulai terasa mengalir ke wilayah Malang Raya. Diprediksi ada sekitar 75 ribu kendaraan yang akan masuk Malang Raya. Bukan hanya sekedar untuk merayakan lebaran, tapi dimungkinkan juga untuk berwisata di wilayah Kabupaten Malang.

Prediksi adanya lonjakan wisatawan ke berbagai lokasi wisata Kabupaten Malang di momen libur panjang lebaran ini pun tak luput dari persiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Dimana, jauh-jauh hari melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, beberapa lokasi wisata dilakukan pengecekan. Dalam rangka mempersiapkan kedatangan wisatawan yang juga diprediksi membludak di momen tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara yang mengatakan, pihaknya memang telah melakukan beberapa pengecekan di destinasi wisata unggulan Kabupaten Malang. "Sudah kita lakukan di beberapa lokasi wisata yang biasanya akan dipadati pengunjung. Seperti wisata pantai Balekambang, Nganteb dan lainnya. Ini dalam rangka persiapan seluruh pengelola nantinya menyambut wisatawan," kata Made Arya beberapa waktu lalu kepada malangtimes.com.

Pengecekan lokasi wisata menjadi penting dalam memastikan seluruh pengelola juga bersiap diri mempersiapkan momen libur panjang lebaran. Pasalnya, menurut Made Arya, wisatawan saat ini semakin selektif dan membutuhkan pengalaman memuaskan saat mengunjungi lokasi wisata. "Kita berharap wisatawan yang datang akan membawa kenangan baik. Sehingga mereka suatu ketika akan kembali datang dan datang lagi untuk mendapatkan pengalaman itu," ujarnya.

Untuk bisa menampilkan pengalaman baik dan indah pada wisatawan inilah, maka Disparbud Kabupaten Malang benar-benar memastikan kesiapan para pengelola wisata. Khususnya bagaimana pengelola mampu menerapkan sapta pesona di lokasi wisata yang dikelolanya masing-masing. "Bisnis pariwisata adalah menjual kenyamanan, keamanan dan tentunya lokasi yang menawan. Ini yang perlu dipersiapkan para pengelola," ucap Made Arya yang juga menyampaikan sampai saat ini seluruh pengelola wisata terus mempersiapkan kunjungan wisatawan yang diprediksi melonjak tiga kali lipatnya.

Di kesempatan berbeda Ahmad Faiz Wildan Dirut PT Jasa Yasa Kabupaten Malang selaku pengelola wisata pantai Balekambang, juga menyampaikan pihaknya terus berbenah diri menghadapi kunjungan wisatawan di momen libur panjang lebaran.

Wildan, sapaan Dirut PT Jasa Yasa, mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa hal terkait itu. "Pihak kita terus mempersiapkan diri, baik melalui berbagai koordinasi agar pelayanan maksimal kepada wisatawan. Juga memperbaiki beberapa fasilitas di Balekambang untuk daya tarik pengunjung. Misalnya, terkait beberapa spot swafoto yang jadi daya tarik tersendiri," ungkapnya.

Bahkan, pihak PT Jasa Yasa menjanjikan, pelayanan wisatawan akan dipastikan maksimal dan sesuai dengan sapta pesona. "Insya Allah kita lakukan yang terbaik untuk mempersiapkan ini. Apalagi Balekambang merupakan destinasi wisata favorit dan jadi 10 destinasi wisata mudik terbaik oleh Kementerian Pariwisata," pungkas Wildan.

Pewarta : Dede Nana
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]bojonegorotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]bojonegorotimes.com | marketing[at]bojonegorotimes.com
Top