Pantai Pulau Merah dan De Djawatan Benculuk Diserbu Wisatawan Selama Lebaran

Paling ramai dikunjungi selama libur Lebaran. Wisata Pantai Pulau Merah (PM) di Pesanggaran (atas) dan Hutan De Djawatan
Paling ramai dikunjungi selama libur Lebaran. Wisata Pantai Pulau Merah (PM) di Pesanggaran (atas) dan Hutan De Djawatan 'Lord of The Rings' di Benculuk Cluring (bawah).

BOJONEGOROTIMES, BANYUWANGI – Ribuan wisatawan ramai berkunjungi ke Banyuwangi selama libur Lebaran. Terhitung dari tanggal 1 hingga 9 Juni 2019, seluruh destinasi yang ada, baik wisata bahari, seperti Pantai Pulau Merah dan Bangsring Underwater (Bunder), serta agrowisata di Desa Tamansuruh menjadi destinasi favorit yang banyak dikunjungi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi MY Bramuda mengatakan, selama libur Lebaran ini, ribuan pengunjung memadati sejumlah wisata di Banyuwangi. Yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Pulau Merah di Kecamatan Pesanggaran dan agrowisata di Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, yang berada di kaki Gunung Ijen.

"Pengunjung Pulau Merah pada 6 Juni kemarin mencapai 3.626 orang. Sementara agrowisata Desa Taman Suruh sekitar 1.665 pengunjung dan Bangsring Underwater sekitar 1.250 orang dalam sehari," jelas Bramuda.

Agrowisata Taman Suruh menjadi primadona baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Di lokasi tersebut, pengunjung akan dibuat terpesona dengan keelokan hamparan bunga dan tanaman hortikultura di lahan seluas 10,4 hektar. Dari lokasi tersebut, wisatawan bisa melihat pula Gunung Ijen serta Selat Bali dan Pulau Bali.

"Saya sudah lama penasaran dengan keindahan Agrowisata Taman Suruh ini. Kebetulan tahun ini suami mengajak saya mengunjungi kerabat di Banyuwangi, saya langsung mengajaknya ke mari. Tempatnya bagus, anak-anak saya langsung jatuh hati dan gembira menikmati lokasi ini. Mereka jadi banyak mengenal aneka tanaman," ungkap Sofiatul Laeli, pengunjung asal Kediri.

Destinasi wisata lain yang dikunjungi wisatawan adalah hutan De Djawatan dan Bangsring Underwater. "De Djawatan bahkan Lebaran hari kedua dikunjungi lebih dari 1.800 orang. Mereka datang ingin menyaksikan keelokan hutan yang banyak dibilang mirip hutan di film 'Lord of The Rings'," jelas Bramuda, yang juga pernah menjabat sebagai camat Pesanggaran ini.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Tania Damayanti, mengatakan, Banyuwangi telah menjadi salah satu daerah favorit yang ingin dia kunjungi bersama teman-temannya. Tania yang tengah mengunjungi salah satu kerabatnya di Banyuwangi menghabiskan liburannya selama dua hari di Banyuwangi.

"Saya ke Banyuwangi bareng keluarga. Tidak hanya saya. Dua teman saya yang lain juga mengajak keluarganya berlibur di Banyuwangi. Lokasi wisatanya bikin hati adem. Rencana saya pengen ke Taman Gandrung Terakota," pungkas Tania seusai berkunjung ke De Djawatan.

Salah satu wisatawan lokal bernama Etic, warga Desa Pekulo, Kecamatan Srono, Banyuwangi, yang juga sedang berkunjung ke hutan De Djawatan mengaku bangga dengan banyaknya destinasi wisata di kota kelahirannya ramai dikunjungi wisatawan luar kota maupun mancanegara.

"Bangga lah Mas, kota kita gitu loh. Dan paling hebat, pasti Pak Bupati kita yang ngganteng dan cerdas bisa berhasil membuat Banyuwangi menjadi dikenal oleh dunia internasional dengan destinasi wisatanya," lontar cewek tinggi semampai nan cantik ini.  

Pewarta : Hakim Said
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]bojonegorotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]bojonegorotimes.com | marketing[at]bojonegorotimes.com
Top