Foto : Istimewa

Foto : Istimewa



Insiden penyediaan minuman keras (miras) dalam acara buka bersama di salah satu hotel di Kota Malang yang diselenggarakan Oppo masih memanas sampai sekarang. 

Bahkan rencananya, salah satu lembaga swadaya masyarakat yaitu LIRA Malang Raya berencana membuat aduan atas aksi tersebut ke Polresta Malang, Senin (20/5/2019) besok.

Hal itu dilakukan lantaran pihak Oppo dinilai telah melakukan penistaan agama dalam kegiatan buka bersama yang cukup sakral bagi banyak umat muslim. 

Beberapa tokoh pun sebelumnya menyampaikan jika aksi menyediakan miras itu sangat tidak baik, dan bahkan merupakan bentuk penghinaan.

Selain menyediakan minuman keras dalam kegiatan buka bersama di Kota Malang, Oppo ternyata memiliki beberapa kontroversi yang sempat membuat publik terhentak. 

Berikut ini beberapa kontroversi yang pernah ramai diperbincangkan publik.

1. Hukuman Tak Manusiawi

Dilansir dari Tribunnews, salah seoarang sales Oppo di wilayah Tuban, Bojonegoro, Jawa Timur melaporkan kejadian yang menimpa dirinya dan rekannya terkait hukuman tidak manusiawi yang diberikan supervisor dan trainer.

Hukuman yang diberikan adalah hukuman lari, makan jeruk nipis, makan bawang putih, cuci muka menggunakan kopi, hingga mengunyah terasi ketika tak memenuhi target penjualan. 

Laporan itu pun dibuat dan ramai diperbincangkan publik pada Februari 2019 lalu.

Berkaitan dengan insiden tersebut, PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto menyampaikan jika hukuman tersebut sangat bertentangan dengan nilai - nilai Oppo, dan tengah berusaha melakukan investigasi internal.

2. SPG Oppo Adu Fisik dengan SPG Vivo


Dilansir dari manaberita.com, sebuah video berdurasi pendek menggemparkan publik dan warganet pada Juni 2018 lalu. 

Dalam video itu, terlihat dua orang SPG saling adu fisik, bahkan seorang SPG Oppo sempat menarik kerudung SPG Vivo sampai lepas.

Diduga, kejadian yang terjadi di sebuah konter HP ini bermula saat kedua SPG ini berseteru karna saling ejek kualitas ponsel yang mereka jual.

Masing-masing saling menjatuhkan dan mencoba bersaing tidak sehat demi penjualan prodak ponsel dagangannya. 

Berawal dari adu mulut, keduanya pun kemudian saling baku hantam.

3. Perkelahian Maskot Oppo vs Vivo


Dilansir dari InfoJambi, pada April 2017, publik juga dihebohkan dengan aksi baku hantam yang dilakukan oleh maskot Oppo dan Vivo. 

Dua maskot yang berasal dari produsen ponsel asal Tiongkok itu tak sengaja saling senggol saat keduanya tengah membuat event promo.

Namun pada akhirnya, peristiwa yang terjadi di Jambi itu memanas dan membuat karyawan ke dua produsen ponsel tersebut saling berkelahi.

Jalanan pun menjadi macet dan menuai banyak protes dari masyarakat dan pengguna jalan.

4. Sales Oppo Jualan di Jalanan

Dilansir dari Hetanews, disebut jika pada September 2018 lalu terdapat sekelompok karyawan pemasaran yang tengah mempromosikan produk Oppo di jalanan. 

Aksi itu pun menuai banyak protes lantaran dinilai menganggu masyarakat publik.

Karena aksi yang dilakukan di Simpang Empat, Jalan Gereja Kota Siantar tersebut dinilai sangat menganggu konsentrasi para pengendara. 

Meski aksi promosi membagikan brosur dan disertai dengan aksi teriak promosi itu berlangsung singkat, namun masyarakat tetap menyebut hal itu berbahaya. 

Baik berbahaya bagi pengguna jalan maupun sales promosi itu sendiri. Karena aktivitas promosi dilakukan di kawasan yang lumayan ramai. 


End of content

No more pages to load