Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat mencuci tangan di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: istimewa)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat mencuci tangan di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: istimewa)

Spot-spot fasilitas umum untuk pencegahan wabah virus corona atau covid 19 terus disuguhkan di tempat umum. Kali ini fasilitas umum untuk mencuci tangan dihadirkan di area Alun-Alun Kota Batu.

Terlihat Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso meninjau langsung tempat cuci tangan itu di Alun-Alun Kota Batu, Kamis (26/3/2020). Di sana terdapat wadah air yang cukup besar.

Kemudian terdapat sabun cair, juga panduan langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar. Punjul pun juga mempraktekkan cara mencuci yang baik dan benar. 

“Sekarang di Alun-Alun Kota Batu sudah ada tandon air untuk mencuci tangan. Jumlahnya ada 3 buah, dipasang oleh Perumdam Among Tirto, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan hari ini (Kamis6 dipasang 1 lagi oleh PMI Kota Batu,” ucapnya.

Ia menjelaskan disuguhkan tempat cuci tangan itu untuk memudahkan semua masyarakat mencuci tangan. Karena dengan pemasangan tandon air ini diharapkan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19.

“Harapannya masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk melawan Corona dan sadar akan pola hidup bersih. Karena penting mencuci tangan,” imbuh pria yang juga Ketua PMI Kota Batu ini.

Menurutnya penyebaran kuman atau virus yang paling cepat melalui tangan, karena itu beberapa tempat umum seperti Pasar Besar Kota Batu juga disuguhkan tempat cuci tangan. Agar warga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.